Budaya Jepang : Golden Weeks



Sudah cukup sering saya mendengar kata ini, namun arti sebenarnya kurang begitu jelas. Selama ini yang saya tahu cuma : "hari liburnya orang Jepang" saja. Selebihnya adalah gelap. Jadi apa itu Golden week ? Dari hasil tanya sana sini akhirnya mendapatkan infomasi sebagai berikut :


Golden week adalah empat hari libur yang "kebetulan" terdapat dalam satu minggu, ditambah dengan hari sabtu dan minggu yang memang hari libur, akan menjadi enam hari libur. Adapun hari libur itu adalah

April 29, Showa Day. Hari untuk memperingati ulang tahun kaisar Showa, yang meninggal tahun 1989.
May 3, Hari Konstitusi.
May 4, Greenery Day, untuk memperingati alam dan lingkungan atau sering disebut dengan hari berkebun, karena kaisar mereka sebelumnya yang memang suka berkebun
May 5, hari anak.

Tentu saja, kesempatan yang sangat langka dan hanya terjadi satu kali dalam satu tahun ini pantas disambut dengan penuh suka cita dan merupakan hari liburan yang sangat ditunggu tunggu oleh banyak orang. Pada waktu minggu emas ini, trevel dan hotel hotel menjadi full booked, kebanyakan orang memilih untuk berlibur ke luar negeri, karena berlibur di dalam negeri tidaklah menjadi lebih murah, bahkan cendrung lebih mahal.

Kalau melihat situasi seperti ini, saya sering merasa, betapa miskinya orang jepang, yang memiliki minggu emas yang cuma sekali dalam setahun, bandingkan dengan negara kita yang sangat kaya dengan minggu emas.

Sedikit catatan yang cukup menarik bagi saya adalah hari Golden Weeks yang dikenal sekarang harinya sedikit berbeda dengan Golden Week beberapa tahun yang lalu, karena beberapa hari tertentu ada yang di majukan ataupun dimundurkan. Tentu saja bukan perubahan ini yang menarik menurut saya karena sama sekali tidak berpengaruh apapun pada Anda dan juga saya, namun perencanaan yang sangat hati hati inilah yang menarik. Perubahan ini diputuskan pada tahun 2005 dan mulai efektif berlaku tahun 2007 jadi diperlukan waktu dua tahun untuk sosialisasi dan diumumkan ke publik.

Perubahan ini sebetulnya hal kecil namun bisa jadi mempunyai dampak luas sehingga perlu diumumkan jauh hari sebelumnya. Jadi sejumlah orang atau kelompok yang hendak menyusun perencanaan jangka panjangnya, seperti liburan, pernikahan dll tidak terganggu. Situasinya mungkin mirip dengan pergantian analog chanel ke digital di televisi yang perlu waktu panjang untuk disosialisasikan.

Bagi mereka yang senang traveling tapi kurang suka keramaian atau berdesak desakan, sebaiknya menghindari minggu Golden week karena dipastikan hampir semua tempat wisata akan ramai dan penuh.

Comments

Popular Posts